Perihal Penakwil mimpi
__
Iranus bermimpi memeras anggur yang dikasihkan ke raja. Lalu ditakwil oleh Nabi Yusuf bahwa itu bermakna ia akan menjadi pelayan raja untuk makanan. Benar. Setelah keluar dari penjara, ia menjadi pelayan raja.

Setelah lama ia lupa pada Nabi Yusuf, ia teringat ketika para pendeta juga tukang sihir tidak bisa mengartikan mimpi raja, iranus mengabarkan bahwa ia kenal dengan seorang penerjemah mimpi yang ulung.

Iranus tidak mengatakan siapa nama, hal ini terjadi karena bakal menyingungku tuan putifar dan istrinya, nyonya zulaikha, maka ia menyebutkan: seorang budak dari kalangan ibrani.

Lalu disuruhnya iranus pergi ke penjara, menjumpai Nabi Yusuf dan menceritakan mimpinya.

"ada 7 sapi gemuk, lalu dikemudian hari 7 sapi kurus menelannya. Ada 7 tangkai subur, kemudian digantikan 7 tankai kering."

Nabi yusuf menjawab, "7 musim mesir akan subur, dan 7 musim lagi, mesir akan kering," sambil memberikan solusinya.

Iranus gembira. Lalu pulang menyampaikan kabar itu pada raja. Raja lega karena mimpinya terjawab.

"Lalu solusinya?" Tanya si raja. Iranus pun menyampaikan solusinya.

Si raja pun senang, ingin berjumpa dengan nabi yusuf. Esoknya iranus menjemput Nabi yusuf, dijawab dengan syarat. Syaratnya nama baiknya harus dipulihkan. Terkait masalah yang 10 tahunan berlalu, yang mengakibatkan nabi yusuf dipenjara.

Sementara itu, para pendeta dengan ahli mimpinya merasa resah karena tidak mampu menjawab soal raja. Untuk sementara, mereka ditahan, sambil memikirkan jawaban atas mimpi raja.

Iranus kembali dengan tangan kosong. Menyampaikan pesan yang diberikan nabi yusuf, yakni untuk menyelidiki peristiwa 10 tahun silam tentang perempuan bangsawan yang mengiris jemarinya.

Raja pun bergegas menyuruh Tuan Putifar mengumpulkan perempuan2 itu, termasuk istrinya, nyonya zulaika.

Perempuan² bangsawan itu gusar. Resah. Khawatir akan ditangkap dan dipenjara, tapi mereka harus berkumpul dan diadili. 

Mereka berkumpul menghadap raja. Si raja mendengar sikap dan sifat nabi yusuf darinya. Si raja pun semakin takjub dengan sosok yang belum dikenalnya itu. Hingga akhirnya, nyonya zulaikha, mengakui bahwa nabi yusuf tidak bersalah, ia yang bersalah. Mereka pun di hukum, dipenjara. 

Nabi yusuf telah pulih namanya. Intinya, ia tidak menghianati tuannya. Lalu Nabi Yusuf pun dijemput untuk menghadap raja.

To be continue...







Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel