Memahami Indonesia #7

Memahami Indonesia #7

Peta indonesia: apakah kamu mampu membacanya jika tanpa disertakan nama? Kalau tidak maka sangat diragukan sekali perjalanan sekolahmu itu. Atau jangan2 kamu tidak mengulang-ulangi pwlajaran yang pernah kamu lewatkan itu. Atau jangan2 kamu tidak pernah belajar geografi dalam artian: masuk kelas sih iya, namun tidak benar2 menulis yang tujuannya mebgesave pada memorimu. 

Sekolah sekedar sekolah. Berangkat pagi pulang siang. Sekolah sekedar mengikuti tren: yang lain sekolah, maka sekolah. Sekolah karena diharuskan sekolah.

"Jangan tanyakan saya perihal sekolah? Apalagi tujuan sekolah? Sekolah ya belajar. Sekolah ya membuang kebodohan."

Kalau begitu, dulu kamu smp, ada pelajaran geografi. Atau ada pelajaran ips.

"Ah sudahlah... aku lupa."

Lupa atau tidak pernah menyimpan?

"Ah... kamu."

Tidak pernah menyimpan atau tidak pernah berusaha untuk menyimpan? Atau baru2 ini kamu menyimpan sebagian dari peta indonesia karena banyak iklan atau promosi tentang daerah2 indonesia. Yang mengarah pada tempat wisata. Sebab gerak zaman, melalui canggihnya teknologi (adanya telekomunikasi dan murahnya transportasi) mengajak untuk menjelajah dan mengetahui dan disaat itulah kamu mulai gemar (semakin terdukung untuk) membaca dan melihat.

PENGETAHUAN PETA INDONESIA

Kalau hendak memahami indonesia, perlu juga mengetahui peta indonesia. Mulai dari sabang sampai merauke. Berikut juga detail2 dari pulau dan nama-namanya. Mulai nama pulau disusul nama provinsi, lalu kabupaten, kecamatan-- apakah perlu sedetail itu? Ya perlu sebab yang kau inginkan memahami indonesia. Itu juga bagian indonesia--.

Apakah terkesan rumit? Ya, wajar karena indonesia memang begitu. Artinya itulah indonesia. Totalitas dari sesuatu atas nama Indonesia.

"Ah kamu terlalu detail kalau hendak memahami. Terlalu dibuat rumit."

Ya itu kalau mau memahami. Sebagaimana memahami diri. Mengenal bagian2 diri dan totalitas dari kediriannya. Mulai dari penampilannya lalu masuk kepada kedalamannya (cara berpikirnya). Mengenalmu secara fisik dan nonfisik.

Tawaran tentang peta indonesia ialah tentang fisik dan bahkan itu masih umum, belum detail tentang kemanusiaannya. Apalagi indonesia yg dikenal dengan berbagai budaya dam suku2.

2019

Belum ada Komentar untuk "Memahami Indonesia #7"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel