Cara Memahami Filsafat Postmodern

Hidayat tf_filsafat postmodern

1. Jangan Ribetkan Pengertian Filsafat Post-modern 

Terimalah pengertian ini: Filsafat Post-modern adalah kondisi pemikiran yang muncul karena era modern. Era modern ditandai dengan kemajuan sains (kemajuan ilmu pengetahuan), kemajuan sains ukurannya adalah akal (rasional). Nah, pada saat akal itu melesat, jadilah teknologi berkembang. Saat teknologi berkembang: bagaimana kondisi manusia, inilah yang menjadi kajian filsafat post-modern.

Tatkala mengingat post-modern, yang terpenting ukurannya adalah eropa, barat.


2. Ketahui Penyebab Terjadinya Filsafat Post-modern

Sebab terjadinya filsafat postmodern, adalah karena kemajuan sains. Nah, kemajuan sains itu disebut era modern (filsafat modern)

Filsafat postmodern mengkritik filsafat modern. Kritikannya itu sering disebut: dekontruksi. Yang didekontruksi yaitu rasionalisme yang digunakan untuk membangun seluruh kebudayaan barat.


Untuk lebih muda, filsafat postmodern, ditandai dua tahap.


Pertama, tahap televisi

Kedua, tahap digital.


Amatilah kedua tahap itu, televise (bagiamana dunia terbangun dari sosok yang disebut televisi?) dan bagaimana dunia yang dibangun dengan adanya digital?


Manusia bisa menyaksikan jarak yang jauh (televise)

Manusia bisa dengan mudah mendapatkan informasi (televise)

Manusia bisa menyaksikan dan berkomunikasi jarak yang jauh (digital)

Manusia bisa menangkap dan mendapatkan informasi yang dia mau (digital)


Dengan seperti itu, maka jadilah filsafat post-modern.

3. Membaca Sejarah Filsafat

Untuk lebih melengkapi maka penting membaca sejarah filsafat, kronologi filsafat barat. Nantinya akan ketemu dengan filsafat postmodern. Cara mudahnya, filsafat barat yunani kuno, orientasinya menggunakan akal. Lalu filsafat abad pertengahan, akal dikalahkan oleh agama. Lalu filsafat modern, akal melejit lagi, jadilah pengetahuan rasional. Dan setelah itu, masuklah filsafat postmodern.



4. Membaca Sejarah Dunia

Tujuan membaca sejarah dunia adalah upaya untuk lebih mudah menangkap apa yang dimaksud dengan modern dan postmodern, melihat dampak dan keterpengaruhan apa yang terjadi pada ranah sosialnya.


5. Kata Kunci Filsafat Postmodern
Pakailah kata kunci untuk membuka pemahaman tentang filsafat postmodern. Dengan mengetahui kata kunci, maka akan lebih mudah mudah untuk menelusuir filsafat postmodern.


Hipper realitas

Simulasi

Dekontruksi

Teori Intergral

Filosofi Naturan

Pluralisme Ontologis

Ontology Fisik

Postmaterialisme

Postmodernisme
6. Kenalilah Tokoh-tokoh Filsafat Postmodern

Tatkala kita mengenali, maka lebih mudah untuk dipahami, namun kenal semakin banyak sering juga membuat kita sulit untuk memahami. Untuk itu, saya pilihkan tokoh-tokoh filsafat postmodern.

Jean Boudrillard (tentang hipperrealitas, simulasi)
Francis lyotard (tentang narasi-besar, permainan-bahasa)
Jacues Derrida (Tentang Dekontruksi)


7. Bersabarlah

Kalau merasa tertekan dengan kajian filsafat postmodern. Atau merasa payah, karena melihat dunia yang seperti itu. setidaknya kalau kita telah membaca teks-teks yang berkaitan dengan postmodern, maka akan dihadapkan suatu kondisi dimana sekarang kita benar-benar bagian dari postmoderisme. Maka tetaplah bersabar. Sebagai acuan: tetap kenalilah—realitas adalah realitas. Hal yang ada, benar-benar ada.

Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Cara Memahami Filsafat Postmodern"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel